Jenis-Jenis Jaringan Komputer

NIM       : 12183638
Nama     : Alifia Septi Rizqiah
Kelas      : 12.4D.01

Jenis-Jenis Jaringan Komputer yaitu ada beberapa macam seperti :

1. PAN

PAN adalah singkatan dari Personal Area Network yaitu merupakan jaringan komputer yang hanya bisa menjangkau area dengan jarak 1 sampai dengan 10 Meter. Jaringan ini hanya bisa dipakai untuk jangkauan yang tidak jauh seperti contohnya dalam satu ruangan. Contoh jaringan PAN adalah Bluetooth yang area jangkauannya tidak luas dan hanya bisa menjangkau satu ruangan.

2. LAN

LAN adalah singkatan dari Local Area Network yaitu merupakan jaringan komputer yang hanya bisa menjangkau area dengan jarak 10 sampai dengn 100 meter. Jaringan ini biasanya paling sering dipakai untuk mencakup tempat yang lebih kecil seperti Gedung,Sekolah atau Rumah. Contoh dari penggunaan jaringan LAN sendiri biasanya kita pakai adalah Wifi.

3. WAN 

WAN adalah singkatan dari Wide Area Network yaitu merupakan jaringan komputer yang hanya bisa menjangkau area dengan jarak 100.000 sampai dengan 1.000.000 meter. Jaringan ini merupakan gabungan dari jaringan LAN dan MAN. Jaringan ini mencakup area yang luas seperti Negara

4. MAN

MAN adalah singkatan dari Metropolitan Area Network yaitu merupakan jaringan komputer yang menjangkau area 10.000 sampai dengan 100.000 meter. Jaringan ini merupakan gabungan dari beberapan jaringan LAN.  Jaringan ini biasanya digunakan untuk mencakup area seperti kota. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konfigurasi VOIP di Briker 1.4

STRUKTUR SISTEM OPERASI WINDOWS